Beasiswa Kuliah S1 di Jepang dari Pemerintah Jepang

Pemerintah Jepang melalui Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology (MEXT) memberikan beasiswa sarjana kepada pelajar internasional dalam bidang ilmu sosial dan humaniora serta ilmu alam. Beasiswa ini dapat diambil di berbagai perguruan tinggi Jepang.

Bidang studi yang dapat dipilih calon mahasiswa adalah
1. Ilmu Sosial dan Humaniora: Hukum, Politik, Sosiologi, Literatur, Sejarah, Bahasa Jepang, Ekonomi dan Administrasi Bisnis.
2. Ilmu alam: Sains (Matematika, Fisika, Kimia), Ilmu Elektro (Elektronika, Teknik Elektro, Teknik Informasi), Ilmu Mekanika (Teknik Mekanika, Arsitektur Angkatan Laut), Teknik Sipil dan Arsitektur (Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan), Ilmu Kimia (Kimia Terapan, Teknik Kimia, Kimia Industri, Teknik Tekstil), bidang lain seperti Teknik Metalurgi, Teknik Pertambangan, Teknik Maritim, Bioteknologi.

Ilmu Alam: Ilmu Agrikultur (Agrikultur, Kimia Agrikultur, Teknik Agrikultur, Ilmu Hewan, Kedokteran Hewan, Kehutanan, Ilmu Makanan, Perikanan), Ilmu Higienitas (Farmasi, Higienitas, Keperawatan) dan Biologi. Bidang lainnya adalah Kedokteran dan Kedokteran Gigi.

Untuk melamar beasiswa ini Anda harus lahir antara 2 April 1993 dan 1 April 1998. Anda harus memiliki ijazah SMA/sederajat atau menyelesaikan pendidikan setara standar Jepang.

Anda harus bersedia belajar bahasa Jepang dan memahami budayanya lebih dalam. Hal ini penting karena perkuliahan akan dihelat dalam bahasa Jepang.

Beasiswa ini akan diberikan selama lima tahun pada periode April 2015 hingga Maret 2020, termasuk satu tahun masa persiapan pendidikan dalam bahasa Jepang. Penerima beasiswa dalam bidang kedokteran, kedokteran gigi, kedokteran hewan atau farmasi akan mendapatkan beasiswa selama tujuh tahun hingga Maret 2022.

Jika scholars diterima di program pascasarjana selama masa beasiswa, maka Anda bisa mendapatkan perpanjangan periode beasiswa selama memiliki prestasi akademik yang baik sesuai kriteria MEXT.

Baca juga:  Info Beasiswa Bank Indonesia (BI) 2012 untuk 3.000 mahasiswa PTN

Penerima beasiswa akan mendapatkan biaya ujian masuk, matrikulasi, dan biaya kuliah. Anda juga akan menerima tunjangan biaya hidup bulanan 117 ribu yen atau setara dengan Rp13,7 juta (Rp117,4 per yen). Tunjangan tambahan sebesar 2.000 yen (Rp234.812) atau 3.000 yen (Rp352.218) akan diberikan kepada mereka yang melakukan riset di daerah khusus. Fasilitas lainnya adalah biaya perjalanan udara ke dan dari Jepang dengan pesawat kelas ekonomi.

Seleksi akan dilakukan dengan pemeriksaan menyeluruh profil setiap kandidat mulai dari dokumentasi, wawancara hingga pemeriksaan rekam akademik. Hasil pemeriksaan ini akan menjadi dasar MEXT memilih kandidat penerima beasiswa untuk tiap bidang studi.

Berkas pendaftaran yang harus disiapkan adalah;
– Formulir pendaftaran;
– Formulir penempatan;
– Pasfoto enam bulan terakhir berukuran 4,5 x 3,5 cm, setengah badan, wajah tampak penuh. Tuliskan nama dan asal negara Anda di bagian belakang foto kemudian tempelkan di dokumen aplikasi;
– Trasnkrip akademik tiga tahun terakhir;
– Surat rekomendasi dari kepala sekolah atau guru pembimbing;
– Ijazah;
– Sertifikat kelulusan di universitas;
– Sertifikat pendaftaran untuk mereka yang sudah mendaftar di perguruan tinggi;
– Surat keterangan sehat.

Deadline tiap negara berbeda-beda. Anda bisa mengeceknya di laman Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Informasi lengkap tentang beasiswa ini bisa Anda simak di website MEXT berikut


MEXT

*okezone

User search terms:

Beasiswa kedokteran 2015, beasiswa kedokteran luar negeri, beasiswa s1 kedokteran, beasiswa kedokteran luar negeri 2015, beasiswa kuliah kedokteran di luar negeri, info beasiswa elektro di jepang, beasiswa s1 kedokteran luar negeri, beasiswa teknik elektro di jepang,